Filter merupakan salah satu komponen penting dalam kolam renang yang berperan dalam menjaga kebersihan dan kejernihan air. Dengan menggunakan filter yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa air kolam renang tetap bersih, jernih, dan bebas dari kotoran yang mengganggu. Dalam artikel ini, kami akan membahas tiga jenis filter kolam renang sederhana yang dapat Anda pertimbangkan: Sand Filter, Cartridge Filter, dan DE Filter.

Sand Filter: Memastikan Air Kolam Renang Tetap Bersih dan Jernih

Filter kolam renang jenis pertama yang akan kami bahas adalah Sand Filter. Filter ini menggunakan pasir khusus yang berfungsi sebagai media penyaringan dalam proses sirkulasi air kolam. Dalam cara kerjanya yang sederhana, air masuk ke dalam tanki filter dan disebarkan ke bagian dalam filter. Kemudian, air mengalir ke dasar tabung melalui beberapa lapisan pasir.

Pasir dalam filter akan menyaring kotoran dan debu yang terbawa air, yang kemudian terperangkap di butiran-butiran pasir tersebut. Air yang telah melalui proses penyaringan akan kembali dialirkan ke kolam renang. Dengan menggunakan filter ini, Anda dapat menyaring kotoran atau debu dengan ukuran sekitar 40 mikron.

Namun, seiring berjalannya waktu, endapan kotoran akan semakin banyak di atas pasir dan di dalam tabung filter, sehingga tekanan air akan menurun. Untuk menjaga kinerja filter, perlu dilakukan pembersihan secara berkala. Proses pembersihan ini biasa disebut backwashing, di mana tabung filter dibalikkan untuk mengeluarkan air yang tersisa di dalamnya. Setelah itu, pasir perlu dibersihkan dan dituangkan kembali ke dalam filter.

Cartridge Filter: Penyaring Kotoran dengan Akurasi Tinggi

Filter kolam renang berikutnya adalah Cartridge Filter, yang menggunakan cartridge berbahan kertas sebagai media penyaringan. Filter ini umumnya memiliki bentuk tabung vertikal dengan cartridge di dalamnya. Fungsi cartridge adalah menangkap kotoran yang terdapat dalam air kolam.

Dengan menggunakan cartridge, filter ini dapat menyaring kotoran dengan ukuran sekitar 10-20 mikron, lebih kecil daripada yang dapat ditangkap oleh Sand Filter. Seiring waktu, kotoran akan menempel pada cartridge dan menyebabkan penyumbatan. Untuk mengatasi hal ini, ada dua cara yang dapat dilakukan.

Cara pertama adalah membersihkan cartridge filter dengan menyemprotkan air tekanan rendah ke cartridge. Penting untuk tidak menggunakan air tekanan tinggi, karena dapat merusak cartridge yang terbuat dari bahan polyester. Cara kedua adalah mengganti cartridge filter dengan yang baru jika penyumbatan terlalu parah.

DE Filter: Kualitas Air Kolam Renang yang Optimal

DE Filter (Diatomaceous Earth Filter) merupakan jenis filter kolam renang yang menggunakan cartridge dengan lapisan bubuk DE. Bubuk DE terbuat dari fosil organisme air yang disebut diatom. Ketika diatom mati, bangkainya akan jatuh dan mengendap di dasar air.

Bubuk DE ini berfungsi untuk menyaring kotoran berukuran sangat kecil. Dengan DE Filter, Anda dapat menyaring kotoran dengan ukuran 3-5 mikron. Struktur tubuh diatom yang unik, dengan dinding sel yang mengandung silika sebanyak 90%, memungkinkan filter ini bekerja secara efektif dalam menyaring air.

Meskipun DE Filter dianggap sebagai jenis filter kolam renang yang paling efektif, filter ini memiliki harga dan biaya perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Sand Filter dan Cartridge Filter. Namun, dengan kualitas air yang dihasilkan, biaya perawatan yang lebih mahal tersebut sebanding.

Kesimpulan

Dalam memilih filter kolam renang, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan kolam renang Anda serta budget yang Anda miliki. Sand Filter, Cartridge Filter, dan DE Filter adalah tiga jenis filter kolam renang sederhana yang dapat Anda pertimbangkan.

Sand Filter, dengan menggunakan pasir khusus, dapat menyaring kotoran dengan ukuran sekitar 40 mikron. Cartridge Filter, menggunakan cartridge berbahan kertas, mampu menyaring kotoran dengan ukuran 10-20 mikron. DE Filter, dengan lapisan bubuk DE, dapat menyaring kotoran dengan ukuran 3-5 mikron.

Setiap jenis filter memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah filter yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ingatlah untuk merawat filter secara rutin agar dapat menjaga kebersihan dan kejernihan air kolam renang Anda. Dengan menggunakan filter yang tepat, Anda dapat menikmati kolam renang yang selalu bersih, jernih, dan menyegarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Projects